Pages

Monday, April 15, 2013

My first project about "Es Kacang Merah"

Saya penyuka segala macem jenis es terutama es khas Indonesia. Es di Indonesia banyak macemnya, mulai dari Es Pisang Ijo, Es Kacang Merah, Es Teler, Es Podeng, Es Campur, Es Cendol, Es Duren, Sop Buah, dan lain-lain dan lain-lain *glek*. Sejak merantau ke Jakarta *ceileeeh* jarang sekali saya nemuin penjual yang jualan Es kacang merah deket kosan, padahal kalo di Ternate mah tinggal ngesot aja nemu. Kalopun ada pasti jauh, trus kadang-kadang es kacang merahnya gak sesuai sama es kacang merah selera saya karna udah dicampur sama macem-macem jadi rasanya malah aneh, gak kerasa lagi tuh kacang merahnya. Makanya itu saya berniat beli serutan es dan akhirnya kesampean biar bisa bikin es kacang merah sendiri dikosan hehehee :D

Es Kacang Merah
Es Kacang Merah

Maka pada weekend kemaren, hari sabtu saya ditemenin dengan buk Dini, kita ngider ke pasar buat beli kacang merah, trus kacang merahnya di rendem semaleman biar empuk dulu. Kacang merah yang dibeli itu kacang merah yang kering ya bukan yang basah hehehe.. Trus karna nunggu besok kelamaan, akhirnya hari itu bareng Dini dan Odeen, kita buat es blewah mwuahahahha penampakannya seperti dibawah ini ^__^

Es Blewah
Es Blewah Seger

Kembali lagi ke Es Kacang Merah, untuk resepnya sendiri kalo boleh jujur pas buat ini saya hanya mengira-ngira dan mengingat-ngingat rasa dan apa aja kira-kira yang harus dimasukin. Saya gak pernah buat Es Kacang Merah sama sekali biasanya beli hahah, pernah sih saya dikasih tau resepnya sama kakak sepupu saya tapi itu juga dia cuma sekali bilang sama saya dan saya gak catet. Tapi Alhamdulillah Es Kacang Merahnya jadi dengan sukses dan Wuenaaak hohoho.. Berikut Resepnya

Bahan

1/4 Kg Kacang Merah
8 Sendok Makan Gula Pasir
2,5 Sendok makan cokelat bubuk
Air
 Es Serut
Sirup
Susu Kentel manis
Segenggam Cintah <3 *halaaah*

Cara Buat
  • Cuci bersih kacang merah kemudian rendam dengan air selama semaleman abis itu buang airnya dan cuci lagi.
  • Masukkan kacang merah ke panci, tambahkan air sampai kacangnya terendem semua terus rebus sampe kacangnya empuk, pecah dan benyek. Merebus kacang merah ini memakan waktu yang cukup lama. Kira-kira dua jam. Kalo airnya habis tambahin aja.
  • Kalo kacangnya udah pecah dan agak benyek tapi jgn terlalu benyek juga *halah bahasanya*, Masukkan gula pasir dan cokelat bubuk tadi. Usahakan rasanya manis ya, soalnya kan mo dicampur sama es. Air rebusan tadi juga jangan sampe terlalu banyak dan terlalu dikit ya..soalnya kan ini buat sausnya heheehe.. Nanti jadinya seperti ini
Es Kacang Merah
Saus Kacang Merah Cokelat
  • Kalo semua udah tercampur rata, rasanya udah oke. Matikan api trus dinginkan.
  • Taruh es serut di mangkuk, kasih kacang merah, kasih sirup *dikit aja tapi ato sesuai selera deh* trus kasih susu. Jadi deh Es Kacang Merahnya
Rasanya nyuuum nyuuum nyuuum.. enaaaak aaakh.. Horeeee berhasil hahahaaa... Bisa kali yah buka lapak.. Mumpung bentar lagi bulan puasa hihi :p

5 comments:

  1. ohhh nooo salah liat postingan lagi puasa lihat beginian hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahahaa.... liat resepnya trus buat deh untuk buka puasa nanti hihi :p

      Delete
  2. Wahhhhh... Ini makanan daerahku nih... hihihi... Salah deh malem2 baca beginian. jadi pengen...

    Pertama kali kesini...
    Dan sudah memfollowmu...

    Main-main ke blog aku yah.. Baru post tentang Big Lashes dan sejarah bulu mata palsu... Ditunggu yahhhh...

    -MissPlum-
    www.plumblush.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo miss plum..
      Makasih yaaa udah mampir dan meninggalkan jejak disini hihi..
      Waaah kamu dari mana? Aku dari ternate.. Es Kacang merah ini khas daerah timur ya :D

      Oke2 ntar aku maen ke blog mu.. Makasih juga udah follow aku, walopun aku lagi vakum ngeblog gara2 fokus sama thesis.. Tapi tak lama pasti balik ngeblog lagi..hehee
      *jadi curcol gini :D

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...