Pages

Thursday, May 3, 2012

My Healthy Lifestyle, Where you go..??

Akhir-akhir ini aku ngerasa kondisi badan aku udah gak fit kayak dulu lagi. Cepet merasa capek,lemes ,pegel-pegel, dan sering terkena flu. Astagaa...padahal waktu masih kuliah, walopun kegiatannya seabrek-abrek gak pernah kayak gini. Ckckckkckc..mungkin pola hidup aku setelah ngantor berubah jadinya kayak gini. Aktifitas lebih banyak duduk daripada jalan, makanan yg kurang sehat dan gak pernah olahraga Huhuhu :(


Waktu kuliah, walaupun aku anak kosan, tapi pola hidup aku termasuk sehat *menurutku*, yaaaah..walaupun belom sepenuhnya sehat sih.. hehehe..Berikut Pola Hidup Sehat ala Arin waktu kuliah.
  • Tidur 8 Jam sehari. Mutlak gak bisa di ganggu, sampe-sampe masang tulisan di depan pintu kamar "Dilarang teriak atau manggil-manggil arin antara jam 11 malem sampai dengan jam 8 pagi, Mengganggu! Thanks". Soalnya sering banget tuh lagi tidur eeehhh ada yg teriak-teriak,gedor-gedor pintu zzzzzzz.. Waktu tulisan itu blm ditempel, kalo ada yg kayak gitu, pintunya langsung aku lempar sama beda keras apapun yg ada dekat tempat tidur yah botol lotion sering jadi senjata wakakakka... Abisnya kalo dibangunin secara paksa dengan cara yg gak enak gitu, mood seharian pasti buruk (-_-")
  • Minum Air minimal 12 gelas sehari. Kalo aku bukan 8 gelas yah..tapi 12 heheh..Gak ta' jelasin juga pasti udah pada tau kan fungsi air itu.. Apalagi untuk aku ini termasuk yang aktifitasnnya tinggi jadi harus lebih banyak lagi hehe
  • Makan Nasi dalam porsi yang dikit. Yup, aku waktu kuliah makan nasinya kayak makanan anak TK. Dikit banget, bukannya mo sok-sok'an diet ato apa, tapi menjaga diri menjaga kesehatan. Kebanyakan makan nasi putih bisa menyebabkan gula darah naek. Tau lah kan penyakit apa yang berhubungan sama gula darah, Diabetes. Siapun memiliki resiko terkena Diabet entah dia punya keturunan diabet ato gak. Makanya itu aku menjaga sekali asupan gula walopun aku gak punya riwayat penyakit ini. Ntar deh kapan2 aku jelasin soal Diabet ini *mahasiswa IT yg salah fokus wakakakka
  •  Makan Sayur dalam porsi yang banyak. Nah, tadi makan nasinya dikit apa gak laper? Gak, karna porsi nasinya aku ganti sama sayur. Jadi dalam piring itu persentasenya 50% sayur, 25% nasi dan 25% lauk. Porsi makan sehat yang benar harusnya begini. Untungnya waktu kuliah makan di kantin, seringnya makan sama emak kantin yang mana boleh ngambil sendiri makannya jadi aku bisa kontrol porsi makan aku. Hehehe..
  • Olahraga minimal 2 kali seminggu masing-masing minimal 45 menit. Waktu kuliah aku ikut segala macam jenis kegiatan mahasiswa, jadi abis kuliah dengan ikut kegiatan ini gerak kesana kemari udah jadi olahraga. Tapi yang bener-bener olahraga itu Taekwondo, dua kali seminggu selama 2 jam. Sebelum latihan, pemanasannya harus lari ngelilingin kampus sebanyak 10 kali. Abis latihan ini gak ngerasa cape, seger malahan heheh
  • Rajin minum susu. Oooh..aku suka minum susu. Tapi gak semua susu sehat loh.. Susu yg sehat itu susu pasteurisasi yaitu susu cair yang tahan cuma 2 sampe 3 hari, kenapa ya karna dia gak mengandung pengawet. Jadi aku minum susu jenis ini. Selain susu sapi aku minum susu kedelai yang tiap hari lewat depan kosan tanpa tambahan gula tentunya hehehe.. :p
  • Mengurangi konsumsi Gula, dan Junk Food. Seperti yang aku bilang tadi takut sama diabetes jadi mengurangi konsumsi gula. Minum teh aja gak pake gula, makan yang manis-manis juga gak. Snack-snack yang jelas juga gak. Mie instan juga gak *sampe kadaluarsa tuh persediaan mie instan. Soalnya kalo mikirin apa aja yang terkandung di dalem itu pasti gak mau makan. Berasa kayak nelen racun, pengawet, pewarna buatan omigot >.<
  • Happy always. Simple aja kan.. :)
Karna gaya hidup seperti itulah selama 4 tahun lebih saya kuliah, alhamdulillah gak pernah sakit flu juga jarang. Gak perlu lah tuh minum-minum vitamin udah berasa seger aja. Kegiatan seabrek-abrek dari pagi sampe malem juga gak pernah capek. Pernah malah saking padat dan sibuknya untuk makan siang aja gak sempet jadi gak makan siang dan sore harus latihan taekwondo, tapi aku teteup bertenaga tuh, baru makan pas malem.. 3 hari kayak gitu langsung turun 3 kilo hahahaa..ini sangat gak sehat tuh kayak gitu.. Karna yg ilang bukan lemak tapi cairan tubuh untung gak kenapa-napa. Abis itu langsung makan sebanyak-banyaknya buat balikin berat badan lagi setelah dua minggu baru naek sekilo doank :(

Sekarang bandingkan dengan gaya hidup Arin sekarang
  • Tidur 6 Jam sehari. Yah sebenarnya standar tidur buat orang dewasa minimal 6 jam sehari. Tapi buat aku ini teteup aja kurang. Aku tidurnya selalu malem jam 12 :( Kenapa gak tidur lebih awal. Keasikan ngumpul n' ngobrol sama anak-anak kosan hehe :p
  • Minum Air 12 Gelas per hari. Sekarang kayaknya gak 12 gelas deh, kurang dari itu deh.. gak tau kenapa, males ngambil aer buat diminum kali hahahahaa *I'm lazy girl yeaaaay..
  • Porsi Nasi. Sejak kerja, aku udah gak bisa ngontrol porsi nasi yang aku makan. Kenapa yah karna tempat makan di kantor gak kayak dikampus dulu. Gak bisa ambil sendiri tapi dikasih, walopun udah dibilang setengah tetap aja itu banyak huhuu :(
  • Porsi sayur. Huwaaaa ini dia nih yang udah jarang aku makan sejak kerja. Abis dikantor jarang ada tempat makan yang sayurnya enak. Biasanya lalapan ato kalo gak sayurnya itu itu aja.. Belom lagi kalo asin. Udah gitu dikit banget huhuhuhu :(
  • Olahraga. Huwaaaaa ini juga.. aku udah gak pernah olahraga hiks hiks.. Makanya gampang lemes n' cape. Abis ni badan gak pernah digerakin, kerja seharian duduk. Untung parkiran motor agak jauh,jadi walopun dikit jalan lah. Kadang-kadang kalo mo makan turun n' naek pake tangga. Tapi tetap aja kurang huhuhu
  • Minum susu. Udah jarang minum susu, minumnya kalo lagi inget aja.. Hahahahaa Lagian kulkas dikosan sering aneh,jadi kalo mo nyetok susu pasteurisasi takut basi. Paling minum susu bubuk, tapi sering males buatnya *I'm lazy girl yeaaaay...#again
  • Konsumsi Gula dan Junk Food. Gula alhamdulillah masih kurang udah kebiasaan sih minum teh gak pake gula hehe. Tapi kalo junk food kayak mie instan sering aku makan walopun dalam intensitas yg rendah. Dalam sebulan nyetok 4bks mie instan aja.. belom tentu abis juga sih Hehehe :p
  • Happy always. Yah selalu happy always, tapi stress tetap gak bisa dihindari. Tekanan dunia kerja itu beda loh.. Tapi lebih sering dibawa happy n' gak mau mikirin :p
Tuuh kan beda drastis gaya hidup aku waktu kuliah sama waktu kerja. Pantesan kalo sekarang aku sering ngerasa capek, lemes ,letih, pegel-pegel, n' gampang terkena flu. Huhuhuu...mo balik lagi ah gaya hidup sehat kayak dulu.. Tapi susah.. Yang paling susah itu di bagian Olahraga!! Aku tuh paling males bangun pagi buat olahraga, sementara kalo pulang kantor udah cape' bawaannya pengen istirahat. Gimana aku olahraga..?? Kapan..?? huwaaa...
Tapi harus berusaha.. Semangat!! Kesehatan itu sesuatu yang sangat berharga dan mahal. Itu investasi loh.. Aku pengen loh saat tua nanti gak mau cuma bisa duduk sambil megang-megang pinggang karna sakit. Maunya jalan-jalan keliling dengan bebas dan sehat. Makanya harus invest dari sekarang dengan gaya hidup sehat. Semangat!!

1 comment:

  1. menurutku km sudah semakin berumur..makanya gampang lelah n pegel2..LOL (lngsung mandang diri sendiri) :p

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...