Pages

Sunday, May 15, 2011

Demo (---__---")

   Barusan saya habis membaca salah satu status teman di pesbuk. Dan selanjutnya saya tulis disini karna setelah saya komenin, saya pikir kurang banget tuh komentar saya di statusnya hehehe :D

  Demonstrasi atau lebih akrab di telinga dengan kata DEMO, begitu mendengar kata ini sebagian besar pikiran kita pasti tertuju kepada Mahasiswa dimana yaaah emang sebagian besar pelaku demonstrasi yang sering terjadi di negeri ini adalah mahasiswa. Bukannya saya mau menyalahkan mahasiswa, gak... saya juga mahasiswa *lebih tepatnya mantan mahasiswa hhe :p tapi yah memang begitu kenyataannya :D

 Waktu saya masih kuliah, di kampus saya juga sering tuh ada acara2 demo2 gitu... Acara teriak-teriak ini biasanya di adain ato di koordinasiin sama *** (maaf saya sensor agar tidak menimbulkan sesuatu dari lain hal :D ). Dan saya sih sama sekali GAK ada niat buat ikutan!! kenapa?? yah karna saya pikir, buat apa repot-repot, panas-panasan, teriak-teriak padahal yang kita teriakin tuh belum tentu di dengerin jadi buang-buang tenaga gitu. Padahal saya ini salah satu aktifis kampus yang paling hiperaktif looh. Dimana ada kegiatan kampus pasti saya selalu ada. Tapi untuk yang begitu2an angkat tangan deh ^^, saya lebih memilih kegiatan yang bermanfaat seperti ikutan taekwondo, kelompok belajar, kepanitiaan, sosial dan organisasi kemahasiswaan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan demo-demo dan mendatangkan ilmu dan membantu orang lain :)

 Emang sebenarnya dari awalnya saya males buat ikut-ikutan acara gitu. Sampe pada suatu waktu *ceilee*, duduk-duduk santai sambil bertukar pikiran sama senior. Dia nanyain
"Rin, Gak ikutan demo??"
"Males ah, kurang kerjaan gituh (-_-")"
"Waaah..bagus-bagus, jadi mahasiswa tuh gitu.. belajar yang bener!! Jangan ikut-ikutan demo gak jelas..
Demo katanya memperjuangkan hak-hak rakyat, padahal yang ada malah merampas hak-hak rakyat karna waktu demo terjadi macet dimana-mana, orang-orang pada telat mo kerja n kegiatan pada terhambat semua. Apa itu namanya gak merampas hak rakyat??"
"Kalo mau memperjuangkan hak-hak rakyat, kuliah yang bener, lulus baru deh membangun negeri ini dan memperjuangkan hak-hak rakyat"

   Dari situ baru deh saya bener-bener menemukan suatu alesan yang tepat untuk tidak ikutan demo. Memang betul apa kata senior saya itu, demo itu bukannya memperjuangkan hak-hak rakyat tapi malah merampas hak-hak mereka!! kenapa?? Dimana ada demo pasti ada macet, orang-orang jadi gak bisa ke kantor tepat waktu bukannya itu secara tidak langsung kita merampas hak mereka?? Lagian apa yang diteriakin itu belom tentu di denger sama orang-orang yang katanya "wakil rakyat". Mungkin saja saat demo terjadi mereka sedang pesiar ke luar negeri ato sedang rapat *sambil tertidur tentunya. Jadi yang namanya Demonstrasi adalah suatu cara yang sangat tidak efektif untuk menyuarakan hak-hak rakyat!!

   Mau tau hal efektif buat menyuarakan atau memperjuangkan hak-hak rakyat?? Yah seperti yang senior saya bilang tadi, Kuliah yang bener, lulus baru deh membangun negeri dan memperjuangkan hak-hak rakyat!! Coba pikir, masa mau memperjuangkan hak-hak rakyat kok ya malah diri sendiri terlantar?? Kuliah senen kamis, IPK anjlook. Ya ampuuun besok mau jadi apa?? mau jadi anggota DPR buat membela hak rakyat?? HAHAHAHAHAHA... :)) Mungkin ini juga yang menjadi salah satu faktor kenapa kelakuan, moralitas dan intelektual para wakil rakyat jaman sekarang sungguh sangat memprihatinkan!! Kenapa begitu?? yaaah bisa saja kan mereka yang duduk di senayan sana adalah beberapa dari segilintir orang yang beberapa waktu sebelumnya berdiri di luar pagar dan berteriak hal yang sama. Yah karna rajinnya berteriak di luar pagar itu, sampe-sampe kuliahnya gak bener, akhirnya pas jadi wakil rakyat malah kayak gitu kelakuannya :'(

  Satu-satunya cara untuk memperjuangkan hak-hak rakyat adalah dengan kuliah yang bener!! Setelah kita lulus dan jadi orang yang bener-bener berintelektual tinggi barulah kita akan dipandang ato di denger ketika kita ngomong!! Sekarang ini mah mana ada orang yang mau denger omongan mahasiswa yang kuliahnya senen kamis dengan IPK anjlook..!! Jadi kuliah yang bener, lulus terus anda bisa bekerja untuk membangun negeri ini. Itulah satu-satunya cara untuk memperjuangkan hak-hak rakyat tanpa merampas hak-hak mereka juga

  Oh yaaa... yang sangat memprihatinkan dari massa demo jaman sekarang adalah direkrutnya para mahasiswa baru untuk menjadi partisipan dalam demo tersebut. Padahal kalo ditanyain, apa yang dituntut si mahasiswa baru yang ikut-ikutan ini malah gak tau apa yang dituntut dan di "demo"in. Hal ini sering membuat saya tertawa sekaligus merasa kasihan. Ya ampuuun dek.. ya mbok kalo gak jangan ikut-ikutan.. Orang tua kamu biayain kamu mahal-mahal buat kuliah bukan buat ikut-ikutan (---__---").
Hm...mungkin juga karena dari awalnya mereka ikut-ikutan kayak gini sampe akhirnya jadi ketagihan dan rajin ikutan demo. bisa jadi... (--__--")

  Yah semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi dan membuka pikiran bagi para siswa/mahasiswa yang belum tau apa itu arti dari memperjuangkan hak rakyat yang sebenarnya!!!



2 comments:

  1. keren2 stuju banget dah...

    Plus satu lagi yg bikin miris, mreka yg pergi demo tuh ada loh yg setelah lulusnya mengabdi di pemerintahan (dibaca==> jadi PNS) dan rela ngeluarin duit puluhan bahkan ratusan juta biar diterima kerja di sana. Hmm bukankah itu brarti dy sendiri mendukung ya KKN terjadi...ckckckck

    ReplyDelete
  2. betul betul..
    Ya Allah... alangkah lucunya negeri ini... :))
    malah jadi kayak berantai gitu ya dari generasi ke generasi..
    :(

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...